Dakwah dan Pencerahan Ummat

SMP MUTIARA

SMP MUTIARA

Kamis, 13 Maret 2014

Punya Aset Trilyunan, Muhammadiyah Akan Terbitkan E-Money

| Kamis, 13 Maret 2014
JAKARTA (CK) - Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah memiliki potensi ekonomi yang sangat besar dalam mendorong laju ekonomi umat. Terlebih lagi Muhammadiyah memiliki aset yang nilainya luar biasa besar.

Berdasarkan rilis yang diterima, Rabu (12/3), amal usaha Muhammadiyah (AUM) mencapai 3.370 TK, 2901 SD/MI, 1.761 SMP / MTs, 941 SMA/MA/SMK, 67 Pondok Pesantren, dan 167 perguruan tinggi. Pada sektor kesehatan tercatat sebanyak 47 Rumah Sakit (PKU), 217 Poliklinik, 82 klinis bersalin.

Sementara di sektor ekonomi ada 1 bank syariah (saham Muhammadiyah 2,5 persen), 26 BPR/BPRS dan 275 BMT/BTM, 1 Induk Koperasi BTM, 81 Koperasi Syariah, 22 Minimart dan 5 kedai pesisir. Demikian juga pada wilayah sosial, Muhammadiyah memiliki lebih 400 buah panti asuhan, rumah singgah dan sejenisnya. Total asset Muhammadiyah itu lebih dari Rp 20 Triliun.

Besarnya potensi aset itulah yang mendorong Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah (MEK) akan menerbitkan e-money Muhammadiyah sebagai uang komunitas untuk bertransaksi.

Ketua MEK, Syafrudin Anhar mengatakan, keinginan Muhammadiyah untuk menerbitkan e-money Muhammadiyah akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) MEK dan seminar nasional bertema 'Menggagas Format E-Money Muhammadiyah Menuju  Financial Inclusion dan Less Cash Society' yang akan diselenggarakan bulan depan.[sp/rol]

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar