Dakwah dan Pencerahan Ummat

SMP MUTIARA

SMP MUTIARA

Minggu, 09 Maret 2014

37.495 JIWA TERSERANG ISPA Kabut Asap Ancam Puluhan Ribu Masyarakat Riau

| Minggu, 09 Maret 2014
Liputan: Sarwan Kelana
 
PEKANBARU (HR)- Kabut asap akibat kebakaran lahan dan Hutan (Karhutla) di Provinsi Riau, yang terjadi lebih kurang satu bulan belakangan ini tampaknya semakin hari semakin parah. Bahkan belum ada tanda-tanda asap berkurang yang ada malah semakin menyelimuti di setiap kabupaten dan kota yang ada di Riau, termasuk kota Pekanbaru.

Dalam pantauan kami, Minggu (9/3) pagi di sepanjang jalan Pekanbaru terlihat masih diselimuti kabut asap yang kian pekat. Mulai sepanjang jalan jendral Sudirman, Soebrantas, Kubang Raya, Garuda Sakti, Arifin Ahmad, Harapan Raya, jalan Riau, Arengka semua ruas jalan terlihat ditutupi oleh kabut asap.

Namun demikian aktifitas kendaraan bermotor baik roda dua, maupun roda empat terus berjalan seperti biasanya. Hal ini membuaat Kepala dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau, khususnya Kota pekanbaru agar tidak melakukan aktifitas di luar rumah.

“Ya kita sudah membuaat surat edaran kepada dinas instansi-instansi pemerintah agar bersama-sama tidak melakukan aktifitas diluar rumah. Dan kita juga telah berkirim surat ke media telivisi local agar dapat memberi informasi kepada seluruh masyarakat Riau agar jangan melakukan aktifitas di luar Rumah.” Kata Zainal Arifin, Minggu (9/3).

Lebih lanjut dikatan Zainal Arifin, dinas kesehatan riau dalam minggu ini terus mengimbau kepada masyarakat khususnya Kota pekanbaru agar tidak melakukan aktifitas diluar.
“dalam minggu ini kami dari dinas kesehatan Riau, terus mengimbau masyarakat agar tidak beraktifitas di luar rumah. Dan kami juga mengimbau melalui media massa yang ada di Riau.” Kata Zainal Arifin Ketika di Konfirmasi Haluan Riau.

Terkait dengan pendidikan yang ada di Riau, diskes telah menyerahkan kewenangan untuk meliburkan kepada diskes kabupaten kota yang ada. “ya mengenai sekolah libur atau tidaknya dengan kondisi kabut asap yang semakin tidak sehat ini sudah kita serahkan kepada diskes masing-masing kabupaten dan kota. Nanti mereka lah yang akan membuaat surat edaran kepada dinas pendidikan kabupaten dan kota tersebut.” Tambah Zainal Arifin.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P4L) Dinas Kesehatan Riau, Erdinal. Mengatakan data Update masyarakat Riau yang terserang ispa semakin meningkat mencapai puluhan ribu jiwa.

“ya sampai saat ini data ter update kita semakin meningkat, 37.495 Jiwa yang terserang ISPA, 2.436 jiwa terserang Asma, 1.958 jiwa terserang Iritasi Kulit, 1.259 Jiwa terserang Iritasi mata dan 805 jiwa terserang Pnemonia.” Tambah Erdinal kabit (P4L) .

Dari jumlah itu, penderita ISPA di Kota Pekanbaru mencapai 9.268 warga, Rokan Hilir sebanyak 7.520 warga, Kota Dumai tercatat sebanyak 3.188 warga yang terjangkit ISPA.

Untuk di Siak ada 2.878 warganya yang terjangkit ISPA, Pelalawan, 2.717 orang warganya terserang ISPA, Rokan Hulu sebanyak 2.139 orang, Kampar ada 1.969 orang, Meranti 958 warga, Indragiri Hilir 916 warga, dan di Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 511 orang warganya yang menderita ISPA.(**)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar