Dakwah dan Pencerahan Ummat

SMP MUTIARA

SMP MUTIARA

Selasa, 18 Maret 2014

Skill dan Tantangan Dunia Kerja

| Selasa, 18 Maret 2014
Oleh : Julis Suriani S.I.Kom 
Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi UMJ

Di era globalisasi pada saat sekarang ini, khususnya didalam dunia kerja tentunya kita akan menghadapi persoalan-persoalan yang terkadang tidak terduga datangnya. Dan hal ini menuntut individu dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kondisi segenting apapun. 

Apalagi bekerja dalam ruang lingkup perusahaan ataupun pemerintahan , semuanya sama saja, dimanapun kita bekerja Skill di utamakan dan dinomor satukan. Ini berkaitan dengan sebesar apa kontribusi yang kita berikan di tempat kita bekerja. Era digital , ya itulah yang pantas disebut dalam kehidupan saat ini. Semuanya serba digital. Apapun permasalahannya dapat diselesaikan dengan alat-alat yang diciptakan. Jika kita tidak bisa mengimbangi dengan kemampuan yang kita miliki maka dapat dikatakan kita akan ketinggalan informasi dan pemanfaatan alat-alat tersebut. 

Disamping itu, pendidikan tidak terlepas dari tantangan di masa depan. Dari dulu hingga sekarang, siapa yang selalu mengedepankan pendidikan maka ia akan menjawab tatangan di masa yang akan datang. Salah satunya Sekolah Menengah Kejuruan yang selalu mempunyai misi untuk menciptakan lulusan yang berpotensi dan mempunyai nilai jual di dunia kerja. Tidak hanya itu mereka juga harus mampu bersaing dengan lulusan akademisi-akademisi yang ada di kota tersebut. 

Keahlian atau skill menjadi jawaban disetiap job fair yang diadakan oleh instansi perusahaan. di Indonesia kehadiran sekolah menengah kejuruan sebagai pencetak tenaga ahli menengah mengalami kemajuan pesat dalam berbagai bidang jurusan. Berbagai macam jurusan dikelompokkan menurut kebutuhan industri yang membutuhkan tenaga menengah spesialis atau ahli dalam bidang tertentu. Hal ini juga memberikan peluang kepada siswa untuk mendalami bidang jurusan. 

Secara kasat mata banyak kita lihat anak didik yang bermain-main dengan proses pendidikan yang sedang dijalaninya, kurang bersungguh terhadap ilmu yang dituntut nya. Mau jadi apa anak cucu bangsa ini?? Ekstasi dimana-mana, hura-hura sana-sini, kekuatan fisik menjadi kebanggannya. Mau jadi apa anak bangsa.

Kita singgung sedikit mengenai tingkah laku anak zaman sekarang, pada hakikat nya untuk membentuk karakteristik anak, yang menjadi salah satu faktor penting ialah keluarga dan lingkungan nya. Dimana orang tua harus menanamkan nilai-nilai religius yang mendasar agar anak mempunyai kesadaran dan aturan ketika mereka berada dalam ruang lingkup kejahatan. 

Diharapakan kepada siswa-siswi yang sekarang menjalani proses pendidikan agar senantiasa bersungguh-sungguh mempelajari ilmu sesuai jurusan yang diambil. Karena proses pendidikan tidak sama dengan dunia kerja namun sangat berhubungan dan memiliki nilai penting.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar