Dakwah dan Pencerahan Ummat

SMP MUTIARA

SMP MUTIARA

Senin, 07 April 2014

KPU Pekanbaru Terus Gesa Pendistribusian Logistik Pileg

| Senin, 07 April 2014
PEKANBARU (CK)- Pesta demokrasi pemilihan umum dan Legeslatif (Pileg) hanya tinggal satu hari  lagi, Rabu (9/4) besok, namun hingga senin (7/4) logistik berupa surat suara dan formulir berkas acara belum semua di distribusikan kemasing-masing Pantia Pemungutan Surat (PPS) di tingkat kelurahan.
Untuk itu dengan waktu yang tersisa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru terus menggesa  pendistribusian logistik yang akan digunakan pada pileg besok.
 
Pada hari pertama pendistribusian Ahad (6/4) lalu surat suara sudah di distribusikan di enam kecamatan seperti kecamatan Tampan, Sukajadi, Bukit Raya, Tenayan Raya, Pekanbaru Kota dan Payung sekaki
" Kita menggesa pendisrtibusian, hari ini (kemarin,red) untuk surat suara sudah kita distribusikan di masing-masing PPS melalui PPK, besok (hari ini,red) surat suara sudah sampai di masing-masing TPS," ujar  Ketua Divisi Logistik KPU Pekanbaru, Arwin, kepada cakrawala Riau, Senin (7/4).
Namun Arwin mengakui untuk formulir berita acara  C, C1, C 2, C3, C4, dan C 5 belum di disribusikan karena baru beberapa hari sampai di KPU Pekanbaru. 
 
"Ini terpaksa kami dua kali mendistribusikan logistik, namun untuk formulir C6 yang merupakan undangan pemilih sudah disebarkan," tambahnya.
Ketika ditanya mengenai masih banyaknya masyarakat yang belum menerima undangan pemilih atau formulir C6, Arwin menyebutkan seharusnya formulir tersebut harus sampai minimal 3 hari sebelum Pileg.
 
"Namun mungkin kondisi dilapangan, saat KPPs datang, bisa saja pemilih tidak dirumah, atau lain sebagainya, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat yang tercamtum namanya dalam  DPT belum mendapat undangan dapat segera melapor kepada masing-masing KPPS ditempatnya masing-masing," ujarnya.
 
Arwin juga menyampaikan agar KKPS tidak sembarangan memberikan formulir C6 tersebut, dan jangan dititipkan kalau yang bersangkutan tidak ada ditempat. " Paling tidak ada yang bertanggung jawab dirumah pemilih tersebut, jangan sampai ada dititip dengan tetangga, ini guna mencegah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, yang akan dimanfaatkan oknum-oknum tertentu," terang Mantan ketua PPK Sukajadi ini.
 
Sementara untuk pembuatan TPS menurutnya baru akan didirikan, Selasa (8/4) hari ini. " Biasanya memang TPS dibuat sehari sebelum pileg, untuk pembuatan memang kami serahkan kepada KPPS, namun tetap ada aturan, TPS jangan sampai tempat yang sulit dijangkau oleh masyarakat, dan jangan sampai berada di lantai dua ruko," sebutnya. 
 
Selain itu, Arwin menyebutkan untuk kotak suara memang ada yang terbuat dari karton atau kardus. " Untuk kotak surat suara ada 5184 kotak yang terbuat dari karton, yang terdiri tiga kota suara di masing-masing TPS yang ada," ujarnya.
 
Kotak suarat suara yang terbuat dari kardus atau karton tersebut untuk surat suara DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota, sementara untuk DPR RI terbuat dari seng. " Kalau bilik suara ada sebagian yang terbuat dari kardus," tutupnya. (Sar)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar